Satgas Covid-19 Aceh Apresiasi Kinerja Tim Medis

Jumlah penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sembuh terus meningkat. Pencapaian ini diapresiasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Saifullah Abdulgani alias SAG, mengatakan upaya para petugas medis ini sangat berharga dalam upaya memerangi penyebaran C-19.


“Mereka bekerja tanpa kenal lelah dan mengabaikan segala risiko. Mereka bekerja dengan luar biasa,” kata SAG kepada rmolaceh.id, Kamis, 15 Oktober 2020.

Saat ini, kata SAG, jumlah pasien C-19 yang dilaporkan sembuh di seluruh Aceh mencapai 149 orang. Total pasien sembuh mencapai 4.017 orang. Angka kesembuhan C-19 Aceh kini mencapai 65,48 persen dan angka kematian, case falatity rate, 3,59 persen.

SAG mengatakan ada banyak faktor penyebab kesembuhan dan kematian Covid-19. Antara lain penemuan kasus lebih awal dan penderita ditangani sebelum penyakitnya mencapai stadium lanjut. Penatalaksanaan di rumah sakit, sikap positif pasien dan keluarganya terhadap sistem kesehatan, dan tentu saja atas izin Allah SWT.

Kesigapan tenaga kesehatan mendeteksi kasus dalam masyarakat, pelayanan dasar yang adekuat, pelayanan rujukan yang tepat waktu, dan penataanlaksanaan yang baik di rumah sakit oleh tim medis, merupakan faktor penting dalam penanganan pasien. Karena itu, SAG mengapresiasi langkah tim medis.

Hari ini tercatat penambahan 177 kasus. Secara akumulatif, jumlah kasus mencapai 6.135 orang. Penderita Covid-19 yang dirawat sebanyak 1.898 orang, sembuh 4.017 orang dan 220 orang meninggal dunia.