Basarnas Banda Aceh Evakuasi Jasad ABK Filipina dari Kapal Berbendera Malta

Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh mengevakuasi medis seorang anak buah kapal (ABK) MV Morandi berbendera Malta. Kapal kargo itu berlayar dari Yunzhny, Ukraina menuju Qingdoy, Republik Rakyat Cina.


Adalah jasad Jason P Padaong, 48 tahun, warga negara Filipina meninggal dunia lima hari lalu. Pada Senin, 12 Oktober 2020, sekitar pukul 12.00 WIB, Basarnas Banda Aceh menerima Informasi dari Perusahaan Pelayaran PT Jatarim Binau Lines tentang kematian Jason.

“Mereka membutuhkan evakuasi medis,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono, Selasa, 13 Oktober 2020. Di kapal kargo itu, Jason bertugas sebagai chief officer.

Basarnas Banda Aceh berkoordinasi dengan imigrasi, KKP, Syahbandar, agen kapal, dan unsur lainnya. Akhirnya disepakati untuk melakukan evakuasi medis har ini. ABK kapal kargo itu dijemput Kapal KN SAR Kresna di Selat Benggala, perairan antara Pulau Aceh dan Sabang. Petugas penjemputan menggunakan hazmat dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pukul 09.20 WIB, SAR KRESNA merapat di Kapal MV Morandi dan langsung berkoordinasi untuk mengevakuasi korban. Butuh waktu sekitar dua jam untuk memindahkan jasad Jason dan kembali ke Pelabuhan Ulee Lheue.

"Jasadnya langsung dibawa ke Rumah Sakit Zainoel Abidin menggunakan ambulans," kata Budiono. “Jason mengalami sakit dengan riwayat abdomen akut, demam, batuk kering, dan serangan jantung.”