Mahasiswa dan Pemuda Subulussalam Nilai Wali Kota Affan Ingkar Janji

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Subulussalam meminta Wali Kota Affan Afian Bintang menunaikan janji kampanye. Sejak mengucapkan sumpah tugas sebagai wali kota hingga saat ini, tak satupun janji ditepati Affan.


“Padahal orang memilih Affan dan wakilnya karena janji-janji untuk menyejahterakan masyarakat Subulussalam,” kata Hasbi Bacin, Ketua AMPES, Kamis, 24 September 2020.

Affan Alfian dan Salmaza, wakilnya, dilantik oleh Nova Iriansyah, pelaksana tugas Gubernur Aceh, Mei 2019. Saat berkampanye, Affan berjanji membangun kota pintar, berkantor di kacamatan, mendorong terciptanya lingkungan sehat, penanaman dua pohon satu rumah, menguatkan program ketahanan pangan dan lainnya.

Namun satu tahun lebih berlalu, janji itu tak kunjung direalisasikan. Bahkan Habsi mengatakan dalam satu tahun terakhir, tidak ada pembangunan penting yang dilakukan Affan di Subulussalam.

Affan juga membuat sejumlah persoalan. Seperti memutus guru kontrak secara sepihak serta mengganti mengganti pegawai kontrak lama dengan pegawai kontrak baru. Dia juga pernah berjanji merehabilitasi Asrama Putri Mahasiwa Subulussalam di Banda Aceh. Namun belum menepati.

“Banyak sekali yang belum direalisasikan. Hal ini tentu membuat masyarakat dan mahasiswa resah,” kata Hasbi.

Saat dikritik, kata Hasbi, Affan malah menuntut agar warga tersebut meminta maaf secara resmi di hadapan seluruh masyarakat. Affan menyebut kritik itu bagian dari melanggar etika kepada pemimpin.