Tertular C-19, Sekda DKI Jakarta Meninggal Dunia

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah meninggal dunia pada pukul 12:55 di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Saefullah meninggal dunia akibat terpapar covid-19 dan sempat menjalani perawatan.


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melalui pesan singkat meminta seluruh jajarannya untuk mendoakan almarhum. "Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita, telah dipanggil pulang ke rahmatullah," ujar Anies, seperti dikutip dari rmoljakarta.id, Rabu, 16 September 2020.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS, yaitu kerusakan pada jaringan paru akibat infeksi covid-19. Kondisi ini menyebabkan Saefullah gagal napas yang tidak dapat diperbaiki. Hal ini karena tidak bisa terjadi pertukaran oksigen yang memadai.

Sebelumnya Saefullah menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan sejak 8 September 2020 hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu dini hari (13/9). Jenazah Saefullah akan dimakamkan dengan protokol C-19 di tanah pemakaman keluarga di Rorotan, Jakarta Utara.

Di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Saefullah bukanlah orang baru. Ia pernah menduduki sejumlah posisi strategis di Pemprov DKI. Saefulllah juga bekerja melayani lima Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), sampai akhirnya ia menjabat sebagai sekretaris daerah di masa pemerintahan Anies Baswedan. Sebelumnya, Saefullah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada tahun 2008 - 2014.