Ilustrasi: numerology secrets

ANGKA Arab melambangkan tiga sebagai 3 sementara angka Romawi melambangkan tiga sebagai III. Mohon dimaafkan, angka Cina, Maya, Aborijin Australia, Mesir Kuno, Assyria, Babylonia dan lain-lainnya tidak bisa ditampilkan di naskah ini sebab saya gaptek mendayagunakan keyboard komputer jadul plus murahan saya.

Tiga merupakan angka yang berada pada urutan ke tiga setelah dua dan sebelum empat. Tiga merupakan angka prima ke tiga sebelum loncat ke angka lima pada deret angka prima. Tiga titik yang tidak berada pada garis lurus yang sama secara aksiomatis disepakati membentuk apa yang disebut sebagai segitiga.

Akibat Phytagoras, segitiga memegang peran penting di dalam geometri. Ada tiga jenis segitiga yaitu Ekuilateral, Isoskeles dan Skalene. Saya menghindari istilah right triangle yang terkesan arogan sebab berarti secara kelirumologis dua jenis lainnya tidak right alias tidak benar.

Pola segitiga Pascal memiliki nilai estetika matematikal tersendiri yang kemudian subur berkembang secara homo ludens ke arah matematika rekreasional, teori graf, kombinatorika, metamatematika dan lain sebagainya. Hitungan count down lazimnya berawal pada hitungan ke tiga kecuali inging berlama-lama.

Judul novel mahakarya Aleksander Dumas “Les Trois Mouscuetaires” diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “Tiga Panglima Perang” padahal musketir bukan panglima. Sila ke tiga dalam Pancasila sebagai poros tengah kelima sila adalah Persatuan Indonesia.

Arjuna menempati posisi ke tiga di dalam Pandawa Lima. Tidak jelas siapa yang diposisikan sebagai Kurawa yang ketiga setelah Suyudana dan Dursasana. Di dalam mitologi Yunani, mahluk Cyclop bermata tiga, yang satu di dahi. Tidak ada organ manusia yang berjumlah terbatas tiga kecuali kelainan. Atau bisa saja gigi manusia berjumlah hanya tiga apabila yang lain sudah rontok.

Entah kenapa dongeng menjadi kerap bermasalah akibat menggunakan terbatas tiga permintaan untuk dikabulkan oleh jin, nenek sihir atau bidadari yang sebenarnya mudah dibereskan dengan satu pemintaan saja yaitu “kabulkan SEMUA permintaan saya”.

Sam Kok alias Tiga Negara merupakan kisah sejarah mahakarya kesusastraan Cina. La divina commedia terdiri dari tiga bagian Inferno, Purgatorio, Paradiso yang kemudian menjadi pola dasar seni teater Eropa. Di dalam kisah Macbeth versi Shakespeare jumlah nenek sihir adalah tiga. Three Blind Mices merupakan sebuah lagu anak-anak popular di Inggeris yang dikononkan berasal dari tiga ulama protestan yang dihukum mati atas perintah Ratu Mary yang katolik.

Trisula merupakan senjata pamungkas Dewa Shiwa yang tiada tandingan di alam semesta. Trimurti adalah tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma, Wisnu dan Shiwa. Trinitas dalam paham Nasrani merupakan perpaduan Bapak, Anak dan Roh Kudus. Sebelum ayam berkokok, Petrus tiga kali ingkar bahwa Jesus Kristus adalah gurunya demi menyelamatkan dirinya sendiri, Three Stooges gemar saling gaplok merupakan tiga tokoh film komedi popular pada tahun 50-an abad XX.

Tiga Dara merupakan film legendaris garapan Usmar Ismail. Karya terindah Leo Tolstoi saya temukan pada Tiga Petapa. Akibat film Three Coins In The Fountain saya sengaja bersusah-payah menembus klaster gerombolan wisatawan berdesak-desak untuk mengunjungi Trevi Fountain di tengah kota Roma. Ternyata di dasar fountain tersohor itu ditemukan bukan cuma tiga tetapi ribuan koin yang sengaja dibuang oleh para turis.

Three In One merupakan peraturan lalu-lintas di Jakarta paling sering dilanggar maka diganti dengan Ganjil-Genap. Tiga Serangkai Pahlawan Pelopor Kemerdekaan Indonesia adalah tiga tokoh pendiri Indische Partij yaitu Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo dan Ki Hadjar Dewantara.

*) Penulis adalah pembelajar misteri angkamologi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here