Hewan ternak di badan jalan nasional. Foto: Irfan Habibie.

rmolaceh Para pelintas Jalan Banda Aceh -Meulaboh, baik yang menggunakan sepeda motor atau mobil, diminta berhati-hati. Di sejumlah titik, di Aceh Jaya, sapi ternak berkeliaran di jalan.

“Kalau kita tidak waspada, bisa-bisa celaka. Sapi-sapi itu berkeliaran hingga menutupi ruas jalan,” kata Aldi, warga Aceh Barat Daya, Jumat, 31 Juli 2020.

Aldi sendiri nyaris celaka andai tak mampu menguasai sepeda motor yang dia kendarai. Saat itu, dalam perjalanan dari Banda Aceh ke Aceh Barat Daya, Aldi yang melintas dengan kecepatan 70 kilometer per jam dikejutkan kawanan sapi dari sisi kiri yang hendak menyeberang.

Badan jalan saat itu tergolong licin usai diguyur hujan. Beruntung Aldi dapat mengurangi kecepatan secara tepat sehingga dia tidak menabrak gerombolan sapi itu. “Untung Allah masih melindungi. Saya bisa saja terpental karena menabrak atau sepeda motor tergelincir,” kata Aldi.

Ia juga meminta kepada pemerintah Aceh Jaya bertindak agar tak ada lagi sapi berkeliaran di jalan. Apalagi, kata Aldi, jalan tersebut adalah jalan utama yang menghubungkan satu seluruh daerah di barat-selatan.

“Harusnya pemerintah setempat berpikir untuk membuat padang gembala. Sehingga tak ada lagi ternak berkeliaran di jalan. Saya juga minta pemerintah mengambil sikap tegas kepada pemilik ternak,” kata Aldi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here