Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memantau kesiapan RSU Zainoel Abidin menangani pasien covid-19. Foto: humas aceh.

rmolaceh Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta seluruh kepala daerah bersiaga menghadapi lonjakan angka penderita covid-19. Salah satunya adalah dengan menyiapkan ruang perawatan di daerah.

“Usai Idul Adha, Aceh akan mengalami lonjakan kasus,” kata Nova Iriansyah dalam keterangan tertulis yang diterima rmolaceh.id, Jumat, 31 Juli 2020. Total jumlah pasien tertular corona hari ini mencapai 103 kasus.

Nova mengatakan lonjakan penderita corona sepanjang Juli, yang mencapai 312 kasus, seharusnya cukup untuk membuat semua pihak bersikap lebih waspada. Terutama dalam menjaga agar pelayanan medis di rumah sakit tetap berjalan normal.

Nova meminta kepala daerah, wali kota dan bupati, di seluruh Aceh menyiapkan ruangan perawatan di rumah sakit, baik yang berstatus rujukan atau bukan. Nova juga meminta agar seluruh kepala daerah menyiapkan ruang karantina bagi pasien positif corona dan orang tanpa gejala yang 90 persen penderita corona.

“Kami akan memberikan sanksi tegas bagi daerah yang tidak menjalankan hal ini,” kata Nova. Instruksi ini disampaikan Nova kepada seluruh kepala daerah di Aceh secara tertulis. Nova berharap, langkah ini dapat menekan lonjakan kurva kasus C-19.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here