Pertemuan Pangdam IM dan pengurus Partai Aceh. Foto: ist.

rmolaceh Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda, Mayjen TNI Hasanuddin, mendukung langkah Ketua Umum DPA Partai Aceh, Muzakir Manaf alias Mualem, untuk memulangkan warga Aceh yang saat ini berada di Malaysia.

“Ini misi kemanusiaan, untuk menyelamatkan rakyat kita. Karena itu Kodam Iskandar Muda, mulai dari jajaran teratas hingga paling bawah, mendukung langkah yang dilakukan Mualem,” kata Hasanuddin saat bertemu dengan Mualem di Banda Aceh, Selasa, 28 Juli 2020.

Pertemuan tersebut digelar menindaklanjuti surat Ketua Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Letjen TNI Doni Monardo, kepada Panglima TNI, mengenai koordinasi dan dukungan pemulangan warga Aceh tersebut.

Selanjutnya, Panglima TNI memerintahkan Pangdam IM untuk mendukung hal tersebut. Mualem juga menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak di Jakarta untuk memuluskan rencana tersebut.

Dalam pertemuan itu, Pangdam IM menyatakan dukungannya. Pihak militer, kata Saleh, akan membantu dalam pemeriksaan kesehatan, logistik hingga kedatangan warga Aceh dari Malaysia di Pelabuhan Krueng Geukuh, Aceh Utara.

Mualem mengungkapkan dirinya bertemu sejumlah menteri dan instansi terkait lainnya di Jakarta untuk mendukung rencana ini. Dukungan itu juga didapat dari sejumlah bupati dan wali kota di Aceh.

“Saat ini ketua masyarakat Aceh di Malaysia, Datok Mansur, sedang mempersiapkan berbagai syarat administrasi dan berkoordinasi dengan KBRI di Kuala Lumpur,” kata Mualem.

Rencananya, untuk tahap pertama, ada sekitar 1.500 warga Aceh di Malaysia yang akan dipulangkan. Baik laki-laki, perempuan maupun anak-anak. Mereka berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Aceh.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here