Salat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahaman. Foto: dok pemerintah aceh.

rmolaceh Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta kepala daerah di seluruh Aceh memastikan pelaksanaan salat Idul Adha sesuai dengan protokol kesehatan. Salat Idul Adha dapat dilaksanakan di semua daerah berlabel zona hijau.

Sedangkan di daerah zona kuning dan zona oranye atau merah, tergantung pada keputusan bupati/wali kota masing-masing. Langkah ini, kata SAG, juga perlu dikoordinasikan dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Semua rangkaian kegiatan ibadah itu harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani alias SAG, Selasa, 28 Juli 2020.

Pelaksanaan salat Idul Adha, kata SAG, dapat dilaksanakan di kawasan berlabel zona hijau. Sementara di daerah kuning dan oranye, keputusan tersebut tergantung dari kebijakan bupati dan wali kota.

Selain pada pelaksanaan salat Idul Adha, kata SAG, masyarakat juga diminta untuk menjalankan protokol kesehatan saat penyembelihan hewan kurban. Kebersihan pemotong hewan, kebersihan tempat dan peralatan yang dipergunakan harus mendapat perhatian serius.

SAG juga mengingatkan agar pada saat masyarakat tidak perlu berdesak-desakan saat mengambil mengambil daging kurban. Untuk itu, kata SAG, penting bagi kepala daerah dan para pemangku kepentingan untuk terus mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Peta zonasi risiko terbaru, yang dirilis pada 26 Juli 2020, membuat sejumlah perubahan. Pidie Jaya, Nagan Raya, Subulussalam, Pidie, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Simeulue, dan Gayo Lues termasuk zona hijau.

Sementara Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bireuen, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Sabang, Langsa, Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Timur, Aceh Utara, dan Bener Meriah, masuk dalam kategori kuning. Sedangkan zona oranye meliputi Aceh Barat Daya dan Aceh Besar.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here