Check point di perbatasan Aceh Tenggara-Sumatera Utara.

rmolaceh Rektor Universitas Syiah Kuala Profesor Samsul Rizal mengungkapkan salah satu alasan rendahnya angka penyebaran covid-19 di Aceh adalah tingkat berserah diri
yang tinggi Allah SWT.

“Berserah diri kepada Allah atau bertawakkal menimbulkan perasaan tenang dan meningkatkan imunitas tubuh yang diperlukan untuk mengempang corona,” kata Samsul, Kamis, 28 Mei 2020.

Faktor lain yang dinilai Samsul berkontribusi menekan jumlah penyebaran corona adalah minimnya transportasi umum, khususnya di dalam kota, seperti bus kota atau moda transportasi massal semisal kereta api yang menyebabkan orang berjejal.

Selanjutnya, pemerintah juga tidak melakukan pemeriksaan massal yang melibatkan jumlah masyarakat yang besar di setiap kawasan. Bahkan, kata Samsul, kehidupan di Aceh nyaris normal, terutama setelah aturan jam malam berlaku.

Salah satunya adalah aktivitas beribadah di masjid. Di saat daerah lain melarang warga muslim berjamaah di dalam masjid, di Aceh salat jamaah berlangsung seperti kondisi sebelum pandemi corona.

Namun semua perlindungan yang Allah berikan ini tidak boleh membuat lengah. Apalagi, secara geografis, Aceh masih menempel dengan Sumatera Utara. Daerah ini, kata Samsul, masih tercatat sebagai zona merah penyebaran corona. Sumatera Utara juga menjadi pintu masuk orang dan barang sebelum masuk ke Aceh.

Samsul meminta masyarakat untuk tetap mensosialisasikan social distancing, mengenakan masker, dan rutin mencuci tangan. Samsul juga mengusulkan agar Pemerintah Aceh dan daerah melakukan pemeriksaan covid-19 secara massal covid-19 untuk mendapatkan gambaran nyata tingkat penyebaran corona di Aceh.

“Covid-19 masih jauh dari selesai, new normal segera dijalankan. Tapi melindungi manusia
adalah upaya yang tidak bisa dilupakan, apapun alasannya. Kalau harus memilih, maka
pilihlah keduanya. Kita melakukan new normal, kita kendalikan covid-19. Kemampuan Aceh
memungkinkan untuk itu,” kata Samsul. [r]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here