Kantor Komisi Pemilihan Umum.

rmolaceh Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, sepakat untuk melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada Desember 2020 mendatang.

“KPU memberikan syarat jika Pilkada diselenggarakan pada masa pandemi corona, maka anggaran untuk pelaksanaan tahapan pilkada harus ditambah,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra, Rabu, 27 Mei 2020.

Dalam waktu dekat, kata Ilham, KPU akan mengajukan draft rencana anggaran yang akan diperlukan untuk pelaksanaan tahapan pilkada serentak kepada DPR dan pemerintah untuk kemudian dibahas dalam rapat anggaran.

Jika penambahan anggaran disetujui, kata Ilham, maka Pilkada serentak pada Desember ini akan dapat dilaksanakan. Komisi II, Menteri Dalam Negeri RI dan KPU RI sepakkat untuk menggelar pemungutan suara serentak pada 9 Desember 2020.

Komisi II DPR RI juga menyetujui usulan untuk memulai proses pemilihan pada 15 Juni 2020 dengan syarat bahwa seluruh tahapan pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, berkoordinasi dengan gugus tugas COVID-19, serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi.

Komisi II DPR juga meminta KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI untuk mengajukan usulan tambahan anggaran terkait pilkada di provinsi, kabupaten, dan kota secara lebih rinci untuk selanjutnya dapat dibahas oleh pemerintah dan DPR RI. [r]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here