Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto: RMOL

rmolaceh Pemilihan Kepala Daerah serentak bakal digelar pada 9 Desember 2020. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, berharap Komisi Pemilihan Umum dapat melanjutkan tahapan Pilkada 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan covid-19 di setiap tahapan.

“Serta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan RI dalam penyiapan protokol kesehatan dimaksud, agar dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam pilkada 2020,” ujar Doni Monardo, Rabu, 27 Mei 2020.

Doni mengatakan pihaknya mengapresiasi keputusan KPU RI, Pemerintah dan DPR RI yang memundurkan jadwal pelaksanaan dari September menjadi Desember 2020. Doni menilai langkah ini akan sangat membantu mencegah penularan corona.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, menyepakati 9 Desember 2020 sebagai hari pemilihan kepala daerah. Kesepakatan itu diambil dalam rapat konferensi video, tadi siang.

Komisioner KPU-RI, Ilham Saputra, mengatakan KPU perlu dana tambahan untuk menyelenggarakan pemilihan di masa pandemi covid-19. Dalam waktu dekat, kata Ilham, KPU akan mengajukan draft anggaran baru yang disesuaikan dengan kebutuhan baru.

“Jika syarat tadi (penambahan anggaran) dieksekusi, maka Pilkada pada Desember akan dapat dilaksanakan. KPU akan mengajukan anggaran kepada DPR dan Pemerintah untuk dibahas,” kata Ilham. [r]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here