Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi.

rmolaceh Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi membatalkan niat untuk mundur. Sebagai gantinya, Sarkawi berencana mengambil cuti untuk menjalani perobatan dan memulihkan kesehatan.

Pengunduran diri ini disampaikan kepada masyarakat Bener Meriah sebelum salat Idul Fitri, Ahad lalu. Dia mengatakan perlu waktu khusus untuk mengatasi sakit di bagian punggung yang menahun dialaminya.

Usai kabar itu disampaikan, Sarkawi mengaku mendapat banyak saran dari kolega. Baik dari kalangan pemerintahan maupun secara pribadi dari tokoh-tokoh yang mengenalnya. Umumnya, kata Sarkawi, mereka mengusulkan opsi lain selain mundur dari jabatan sebagai Bupati Bener Meriah.

“Semua saran dan masukan menjadi pertimbangan kami. Kami sampaikan kepada keluarga dan mempertimbangkannya kembali,” kata Sarkawi, Rabu, 27 Mei 2020. Banyak kolega berharap agar Sarkawi meneruskan sisi masa jabatannya sebagai bupati. Dukungan untuk bertahan, kata Sarkawi, juga datang dari sejumlah orang yang kerap mengkritik kinerja pemerintahannya.

Namun Sarkawi menegaskan bahwa saran khusus yang menjadi pertimbangan utamanya untuk mengambil keputusan adalah nasehat dari guru-gurunya serta para ulama dari berbagai daerah. “Saya tidak mengabaikan masukan dari semua pihak. Kemungkinan kami akan mengambil cuti untuk berobat,” kata Sarkawi.

Kemarin, Sarkawi kedatangan koleganya, Shabela Abu Bakar, Bupati Aceh Tengah. Shabela membujuk Sarkawi untuk mempertimbangkan kembali keputusan mundur itu. “Selaku mitra saya menyarankan itu. Saya saja yang diserang pun tidak mundur,” ujar Shabela.

Shabela mengaku mafhum atas tekanan yang dialami koleganya itu. Tapi, kata Shabela, tekanan adalah risiko seorang pemimpin. Sebagai seorang pemimpin, harus menyelesaikan tugas hingga waktu yang ditetapkan.

Permintaan agar Sarkawi mempertimbangkan kembali keputusan mundur juga disampaikan partai pengusungnya. Ketua PKS Bener Meriah, Yusrol Hana, berharap Sarkawi tetap menjabat sampai akhir periode kepemimpinannya.

“Sudah banyak karya dan bukti yang ditunjukan Tgk Sarkawi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terlebih dalam hal percepatan penanganan covid-19 di Bener Meriah, oleh karena itu kami sangat mengharapkan Abuya Sarkawi tetap menjabat sebagai bupati sampai akhir masa jabatannya,” ujar Yusrol.

Sarkawi juga mengungkapkan bahwa Sofyan Djalil, Menteri Agraria, meminta dirinya bertahan. Desakan untuk bertahan juga datang dari sejumlah reje (kepala desa) saat bersilaturahmi ke Pendopo Bupati Bener Meriah, tadi siang. [r]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here