Ilustrasi: Diskominfotik

rmolaceh Seorang warga Kecamatan Kualasimpang, Aceh Tamiang, dinyatakan positif terjangkit virus corona. Ketua Tim Penanganan Virus Corona (Covid-19) RSUD Aceh Tamiang, Nirzarli, mengatakan warga tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Medan, Sumatera Utara.

“Saat ini orang tersebut telah ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pasien tersebut berstatus pedagang,” kata Nizarli, Jumat, 22 Mei 2020.

Menurut Nizarli, pasien tersebut diketahui terjangkit corona pada Ahad, 17 Mei 2020. Dia pergi ke IGD RSUD Aceh Tamiang mengeluh demam dan batuk. Karena diketahui pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Medan.

Petugas medis RSUD Aceh Tamiang kemudian melakukan anamnesa dan rapid tes dengan hasil menunjukan reaktif. Karena hasil test reaktif, kemudian petugas melakukan pemeriksaan mendalam yaitu pemeriksaan swab tenggerokan.

“Berdasarkan hasil uji swab sebanyak dua kali yang dilakukan di Balitbangkes Aceh yang keluar hari ini, pasien tersebut juga terkonfirmasi positif terjangkit virus corona,” sebut Nizarli.

Pasien tersebut saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, dan sudah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, gejala ringan batuk yang dialami sudah tidak ada.

Juru Bicara Pemerintah Aceh Tamiang Agusliayana Devita mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar mematuhilah protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

“Bagaimana keadaan bumi hendak pulih, jika manusianya tidak sadar dan tidak patuhi aturan yang berlaku. Memakai masker dan hindari keramaian, terapkan social distancing serta setop untuk tidak mudik,” kata Agusliayana. [r]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here