Senam Pagi yang dilakukan PDIP Kabupaten Bekasi/RMOLJabar

rmolaceh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Soleman, punya cara sendiri untuk memperingati Hari Ibu ke-91. Partai Pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut menggelar Senam Pagi Sehat di Pelataran Bundaran Taman Puri Cendana, Tridayasakti, Tambun Selatan, Minggu (22/12) pagi.

Secara umum, Soleman mengatakan bahwa inilah salah satu bentuk kerja politik DPC PDI-P Kabupaten Bekasi bersama para Srikandi dan BP Pemilu serta elemen lainnya dalam bekerja untuk rakyat, pendekatan untuk rakyat.

Saat membuka kegiatan, Soleman menerangkan, partainya tidak hanya sekadar memperingati Hari Ibu saja. Namun secara luas juga mengenang spirit perjuangan dan pergerakan kaum Perempuan Indonesia.

Menurutnya, pergerakan kaum perempuan di tanah air memiliki sejarah panjang karena sudah dimulai sebelum Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

“Pada 22 Desember 1928 yang merupakan ‘Kongres Perempuan Indonesia’ pertama menjadi bukti bagaimana perempuan Indonesia berjuang dan bergerak untuk memajukan bangsanya,” kata Soleman seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jabar.

Soleman menjelaskan, Kongres Perempuan Indonesia I digelar di Yogyakarta. Beberapa hari menjelang kongres, Bung Karno berpesan agar gerakan Perempuan Indonesia tidak hanya sekadar bertujuan mencapai persamaan hak saja.

“Tetapi perempuan harus juga terlibat dalam perjuangan nasional,” tambahnya.

Peran perempuan dalam rumah tangga pun tidak hanya sekadar urusan domestik semata. Tetapi perempuan juga harus punya peran dalam membentuk karakter bangsa.

“Dari kaum perempuanlah lahir peradaban umat manusia karena perempuanlah sumber dari peradaban itu sendiri,” ujar Soleman mengutip Bung Karno.

Oleh karena itu, DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Bekasi akan selalu menempatkan perempuan dalam setiap perjuangannya. Apalagi PDI-P sendiri dipimpin oleh seorang perempuan yang tangguh yakni Megawati Soekarnoputri.

“Tidak bisa kita bicara tentang keselamatan bangsa tanpa keselamatan kaum perempuan,” tutur Soleman yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi.

Di bidang Kesehatan Perempuan dan Anak, masih kata Soleman, dalam memaknai momen Hari Ibu, selain bertujuan meningkatkan peran perempuan dalam membentuk peradaban dan karakter bangsa juga memerangi radikalisme.

“Perempuan memiliki kemampuan untuk mengantisipasi segala ajaran dan gerakan yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan PDI-P meyakininya,” tegas Soleman.

Rangkaian acara Senam Pagi Sehat yang digagas DPC PDI-P Kabupaten Bekasi tersebut, kemudian ditutup dengan pembagian door-prize kepada para peserta senam ditambah ‘bonus tambahan’ dari Ketua Fraksi PDI-P Kabupaten Bekasi, Martinah Ningsih, kepada lima peserta yang berhasil menjawab setiap pertanyaan.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here